Penyejuk Iman

Oleh: Abu Zahra





Thursday, May 10, 2007

Wanita Idaman Lelaki

Banyaknya wanita yang belum menemukan jodohnya, Sungguh suatu fenomena yang memprihatinkan. Pernikahan merupakan kebutuhan yang cukup mendasar, bisa dikatakan semua orang menginginkan dan merindukannya.

Terlepas dari jumlah wanita yang semakin membengkak, tentu tak luput dari faktor kriteria pilihan. Tak lagi dipungkiri bahwa lelaki memiliki setumpuk kriteria bagi calon wanita idamannya sebagai calon istri. Sehingga tidak jarang karena ketat dan tingginya kriteria mengakibatkan jodoh sebatas angan-angan aja.

Bunga, sekedar sebutan, usianya sudah merayap pada angka 40-an tahun. berulang kali proses pernikahannya gagal. Cantik memang tidak dimilikinya, tinggi juga kurang, kekayaan pun tidak bisa diharapkan, parahnya lagi dia juga bukan tipe wanita yang rajin mengkaji ilmu agama dan akhlak. Hari-harinya dilalui dengan penuh tanda tanya, "kapankah suami akan diperolehnya?".

Adakah Yang Menolak Istri sholeha?
Dari kasus Bunga diatas, sudah selayaknya kaum muslimah menggali potensi agar meningkatkan kualitas diri. Cantik dan moleknya tubuh sudah dari sananya, demikian juga dengan kecerdasan, tingkat sosial, dan semacamnya. Tetapi ada yang bisa dikembangkan sehingga menjadi muslimah berkualitas. Ilmu agama yang baik dan disertai dengan penempatan diri yang bijak, akan menghasilkan akhlak yang mulia. Tiada pilihan kecuali menjadi wanita sholeha.

Cantik, merupakan patokan utama yang umumnya jadi idaman kebanyakan orang, namun jika tidak disertai sifat kesholehan bisa berbahaya. Begitu pula dengan kepandaian atau kepintaran, akan merepotkan bila tidak disertai oleh akhlak yang baik, bisa menjadikan wanita yang panjang lidah, tidak sopan dan tidak beradab, atau selalu menjadi pembangkang.

Begitu pula yang berharta, tanpa bimbingan agama maka kekayaannya sering tidak membawa manfaat, bahkan sebaliknya menjadi bencana. Status sosial yang tidak dibarengi kualitas agama yang baik hanya akan memunculkan sifat keangkuhan.

Berbeda dengan Bunga, siapa yang tidak ingin menikah dengan wanita kaya, cantik, pintar dan terpandang, sholeha lagi!?

Inilah wanita idaman pilihan :
Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam memberi tuntunan dalam memilih wanita idaman yang akan dijadikan sebagai istri. Bukan sekedar memilih yang pintar, tapi pria mesti pintar memilih dan wanita pun harus berlaku pintar agar menjadi sosok pilihan.

Rasulullah SAW menggambarkan beberapa sifat seorang wanita sholeha, pendek tapi cukup untuk menjadi pedoman bagi muslimah.

"Apakah kalian mau saya beritahu tentang simpanan seseorang yang yang paling berharga? Yaitu wanita salihah yang (suaminya) menjadi bahagia bila memandangnya, bila diperintah segera dipenuhi, dan bila suaminya tidak ada dia menjaga kehormatannya." (riwayat Ahmad)

1. Taat, seorang wanita yang terbiasa taat pada orang tua maka akan mudah taat pada suami. Selama perintah suaminya adalah ma'ruf (tidak menyelisihi syariat) dia segera melaksanakannya. Bila perintah tersebut tidak berkenan, akan dicarinya waktu yang tepat untuk meyakinkan suami agar mengurungkan perintahnya tanpa dibarengi bantahan, penentangan, atau pemaksaan kehendak.

2. Enak Dipandang, tidak harus cantik. Mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya seorang wanita akan membuat senang suami yang memandangnya. Dia akan mampu membuat suaminya merasa nyaman, tenang dan puas.

3. Cinta dan Pasrah, seorang pria tentu mengharapkan seorang istri yang mampu mencintai sepenuh hati dan bersikap pasrah. Wanita yang dalam berbuat dan bertingkah laku selalu berupaya menyenangkan suami dan menjauhi hal-hal yang mendatangkan kebenciannya.

4. Suka Membantu, wanita sholeha adalah yang selalu mengajak suaminya pada kebaikan agama dan dunianya. Bukannya memberatkan, namun justru mengingatkan suami untuk selalu berlaku taat pada Allah subhanahu wa ta'ala, serta memberikan saran dan pendapat demi kemajuan usaha sang suami.

Khadijah binti Khuwailid radhiyallahu 'anha, istri pertama Rasulullah SAW sekaligus ibu kita semua, merupakan teladan wanita pilihan. Beliau sumbangkan harta dan perhatiannya untuk perjuangan Rasulullah, menyantuni kerabat dan selalu menyambung silaturahmi. Akankah Anda mewarisi sifat dan perilakunya? Kalau ya, karenanyalah engkau dipilih!



16 Comments:

At 3:25 AM, Blogger lierieh said...

Hmmm... pertamax oyyy... ya... yang penting solehah katanya kalo soleh tuh dah mencakup segala2nya

 
At 11:22 AM, Blogger Binawidya said...

Di zaman skrg, utk mendapatkan semua kriteria tsb dalam satu org sangat sulit.
Parahnya, byk wanita juga yg tdk berhasrat utk mencapai kriteria tsb.
Wajah selalu kusut, cepat dan suka membantah, pelayanan yg kasar, dsb.
Demikian pula pria yg terlalu menuntut.
Saya setuju dengan comment pertama.
Kuncinya sholehah.
Klo udah sholehah niscaya dia akan ringan tangan utk membantu, penuh cinta, serta selalu sedap dipandang.
Inner beauty.

 
At 2:56 PM, Blogger Ocha said...

syukur...klo msh byk yg mencari kriteria sholeha sebagai lirikan utama.

ga sedikit dan hrs di akui klo pandangan pertama pd kecantikan...

 
At 11:41 AM, Anonymous Tukeranlink said...

"Terlepas dari jumlah wanita yang semakin membengkak, ..."
Wah, kalo kedengeran ama pendukung Poligami, udah pasti jalan keluarnya wanita2 tersebut harus rela dimadu.

 
At 5:49 PM, Blogger aria ayumi said...

ehem2.. sblm ni dh byk kali view blog ni... tp xde entry br lagik... bizi ke... ;)

 
At 2:10 AM, Blogger Ocha said...

iya nih, blm sempat update blog yang ini... Insya Allah secepatnya di posting lagi. just wait, OK..

 
At 1:39 PM, Anonymous pemuda indonesia said...

wanita idaman wanita pria itu, wanita soleha....

 
At 7:18 AM, Anonymous Anonymous said...

Mengingatkan q sama seorang wanita shaleh yang pernah hadir disisiku, tapi sayang dia sudah ad yang punya, walaupun saya merasa sangat pantas mendampinginya tapi saya tidak mau merusak hubungan mereka... Akankah ku temukan lagi wanita seperti dia?

 
At 5:56 PM, Blogger اِ بْنُ said...

wanita yang sholehah, cantik, smart hmm perfect..

 
At 7:19 PM, Blogger eizan said...

jadilah yg terbaik utk dpt yg terbaik.......

 
At 9:36 PM, Anonymous Mas Sugeng said...

"Terlepas dari jumlah wanita yang semakin membengkak..."

Wah statement ini sama sekali tidak berdasar. Silahkan lihat demographic penduduk dunia. Rata-rata ratio laki-laki dan perempuan hampir sama 50%-50%. Yang lebih menarik, di negara-negara arab (contohnya, saudi arabia, qatar) justru lebih banyak laki-laki daripada perempuan.

Saran saya buat penulis, sebaiknya mengkaji narasumber sebelum berpendapat.

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_sex_ratio

http://www.indexmundi.com/world/demographics_profile.html

 
At 10:02 AM, Anonymous Anonymous said...

anehh tapi istimewaa..!! :)

 
At 6:03 PM, Blogger lee said...

sebelum kw mngingnkan Wanita seprt d ats, mka buarlah dirimu pntas untuk mndapat knnya...
knp??? karena...

wanita2 yg baik (soleha) adlh untuk laki2 yg baik (soleh) pula dan wanita2 yg buruk adlh utk laku2 vyg buruk pula.
(QS:An-Nur:26)

 
At 8:46 PM, Anonymous mujiono said...

cuplikan surat al-baqarah ayat 221 ''janganlah kamu nikahi wanita yang musyrik sebelum mereka beriman...........................''

 
At 3:05 AM, Anonymous rahasia memikat wanita idaman said...

sungguh artikel yang luar biasa. bagi kita yang meningginkan wanita idaman tentunya kita harus pandai dulu cara menarik hati wanita itu.

bukankah sebaik wanita adalah periasan buat kita, dan wanita yang sholeh adalah wanita idaman setiap pria. salam Rahasia memikat wanita idaman

terima kasih admin semoga kebaikan anda dibls oleh allah swt

 
At 1:40 PM, Anonymous BAJU MUSLIMAH said...

Subhanallahu..Semoga aku dan kalian dapat mengambil manfaat dari tulisan ini...Amiin.
Salam Kenal

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home